Sunday, July 7, 2013

Hubungan Psikologi dengan Ilmu Ilmu lainnya



HUBUNGAN PSIKOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAINNYA

Ada beberapa ilmu yang berhubungan dengan psikologi yaitu Sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu kedokteran, ilmu antropologi, arsitektur dan tata kota

  1. Sosiologi : Urbanisasi, konflik dan tawuran memerlukan penjelasan psikologi sehingga terdapat cabang psikologi khusus yaitu psikososial  yang mempelajari tentang masalah masalah sosial yang timbul di masyarakat.

  1. Ilmu Ekonomi : Strategi marketing  yang berhasil atau pun tidak berhasil tidak hanya tergantung pada hukum supply dan demand dalam ilmu ekonomitetapi pada proses pembuatan keputusan yang dilakukan manusia yang terlibat dalam proses ekonomi.

  1. Ilmu Hukum : Ilmu hukum adalah ilmu yang mempelajari dan membahas bagaimana mencapai kebenaran dan keadilan yang mana sangat terkait dengan psikologi karena keadilan dan kebenaran adalah hal yang sangat subjektif dan bersifat psikologis.

  1. Ilmu Antropologi : Antropologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia secara sistematis dan perilaku manusia didalam kelompok kelompok eknik kebudayaan yang ada disekitar manusia dan mampu mempengaruhi perilaku manusia.

  1. Ilmu Kedokteran Didalam ilmu kedokteran psikolog membantu dokter mengadakan pendekatan sebaik baiknya terhadap pasien dan menemukan penyebab non medis dari gejala penyakit yang tidak ditemukan faktor penyebabnya secara medis dalam mengatasi penyakit.

  1. Arsitektur dan tata kota : Pada ilmu ini psikologi membantu arsitek untuk membuat rumah yang nyaman bagi penghuninya.

No comments:

Post a Comment