Sunday, July 7, 2013

Definisi Psikologi dan unsur unsur psikologi

DEFINISI PSIKOLOGI

psikologi merupakan ilmu yang mempelajari dan membahas tentang jiwa atau mental. Tetapi psikologi tidak mempelajari jiwa/ mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga. Sehingga kemudian dapat diartikan bahwa psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental.


UNSUR UNSUR PSIKOLOGI 

Ilmu Pengetahuan
Perilaku
Manusia
Lingkungan
Kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan memiliki metode metode tertentu, psikologi merupakan seni, dalam mengaplikasi kannya   ke berbagai aspek kehidupan manusia, memerlukan keterampilan dan kreativitas sendiri.

Perilaku lebih mudah dipelajari dari pada jiwa, dengan adanya perilaku kita tetap dapat mempelajari jiwa, ada dua perilaku manusia yaitu Over (terbuka dapat dilihat hanya dengan kasat mata dan Covert (tertutup) dilihat dengan alat alat/ metide khusus
Manusia merupakan objek materil psikologi, yang mana manusia butuh imu psikologi dalam aspek kehidupan
Lingkungan merupakan tempat manusia hidup, mengembangkan diri masing masing dan beradaptasi. Manusia dapat mengatasi hambatan, tantangan  persoalan dalam hidupnya karena manusia diciptakan dengan memiliki akal budi sehingga mampu bertahan hidup (survive)




No comments:

Post a Comment